Saturday, January 15, 2011

Mengapa saya seorang vegetarian??


I. Menghindari pembunuhan terhadap binatang
1. Setiap tahun 13 milyar ternak dibantai di seluruh dunia untuk konsumsi manusia, (7 milyar di AS, 30 juta di Swiss, lebihnya di seluruh belahan bumi lainya.)

2.Pembantaian besar-besaran di Inggris pada tahun 1996, di Taiwan pada tahun 1997, dan juga 2006 di indonesia karena ternak sapi, babi, ayam untuk konsumsi manusia terjangkit penyakit "Sapi Gila, Babi Gila, Flu Burung"


II. Mencegah pengrusakan Lingkungan Hidup.

1. Perlindungan energi fosil/energi alami bumi.
Diperlukan 78 kalori energi fosil untuk menghasilkan 1 kalori protein daging sapi, 35 kalori untuk 1 kalori daging babi, 22 kalori untuk 1 kalori protein daging unggas, tetapi hanya diperlukan 1 kalori saja untuk menghasilkan 1 kalori protein dari kacang kedelai.

2. Perlindungan Air
Untuk menghasilkan protein hewani diperlukan air 3 sampai 15 kali lebih banyak daripada protein nabati. Kalau kita bervegetarian berarti turut menghemat air.

3. Pemakaian padi-padian yang maksimal
Diperlukan lebih dari 16 pon kacang kedelai dan padi-padian untuk menghasilkan 1 pon daging sapi dan 3 sampai 6 pon untuk menghasilkan 1 pon daging babi. Dengan memakan langsung padi-padian. Kita mendayagunakan sumber penghasil makanan dengan lebih baik. Kita tidak menunggu sampai padi-padian itu diubah menjadi daging dulu baru dimakan karena ini akan memerlukan proses alam dan memerlukan energi untuk proses tersebut. Ini menunjukan kepedulian kita kepada lingkungan

4.Pelindungan tanah
Hasil dari pertanian habis digunakan untuk makanan ternak padahal 15 juta anak mengalami kelaparan di dunia. Karena 70% hasil pertanian digunakan sebagai ransum ternak. Bila padi-padian digunakan dengan lebih efisien, lapisan tanah bagian atas (tanah gambut), secara otomatis berdaur dengan lebih efisien pula. Kita mengurangi pemakaian sumber daya pertanahan untuk mencukupi kebutuhan jumlah manusia yang sama banyaknya

5.Penyelamatan Hutan
Hutan Tropis di brazil dan berbagai bagian dunia lainnya dirusak setiap hari secara bertahap. Ini semua untuk membuka lahan baru bagi penambahan peternakan/industri daging.Dengan tidak mendukung industri daging ini secara langsung kita turut mengurangi pencurian harta alam yang tidak dapat di perbarui ini.


III. Kesehatan

1.Tidak akan kekurangan nutrisi.
Nutrisi yang diperlukan manusia bisa didapatkan dari makanan nabati. dan di dalam setiap daging tidak mengandung karbohidrat/zat arang jadi orang salah apabila bilang Bo cia Ba ( tidak makan daging) akan lemes.

2.Makanan hewani mengandung banyak lemak jenuh dan kolestrol sebagai penyebab utama penyakit kanker, jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit berbahaya lainnya.

3.Daging tidak mengandung karbohidrat yang penting untuk kesehatan.

4.Selain B-Kompleks, umumnya daging mengandung sedikit sekali vitamin

5.Zat kimia pertanian
Pada tingkat yang makin tinggi dalam piramida makanan, makanan hewani mempunyai banyak lemak dan kandungan zat kimia pertanian yang lebih tinggi daripada makanan nabati. Zat-zat kimia tersebut seperti pestisida, Herbisida dan lain-lain.

6.Obat-Obatan untuk hewan ternak
Ada yang lebih dari 20.000 macam obat-obatan, seperti antibiotik, penambah hormon dan lain-lainnya yang diberikan pada hewan ternak. Kita turut memakan obat-obatan ini karena kita memakan makanan hewani tersebut. Bahaya mengkonsumsi antibiotik secara tidak langsung (dimakan lewat daging yang sudah diberi antibiotik) sudah banyak ditemui dan terbukti secara medis

7.Terdapat sekumpulan bakteri dan virus, beberapa diantaranya sangat berbahaya yang terdapat pada hewan. Ketika kita memakan daging, kita juga memakan mikro organisme yang terdapat pada daging tersebut.

8.Cacing dan parasit lainnya, juga terdapat pada hewan yang berbahaya bagi manusia

9.Daya tahan makanan.
Makanan nabati bisa bertahan lebih lama daripada makanan hewani. Anda bisa melakukan percobaan, biarkan seikat sayur bayam dan sepotong hamburger selama sehari penuh. Mana yang akan menyebabkan anda sakit kalau anda memakannya??

10.Indikasi Penyakit
Makanan dari tumbuhan lebih cepat memberikan tanda bila terjadi kerusakan daripada makanan hewani. Lagipula walaupun dalam keadaan kurang bagus, makan tumbuhan tidak terlalu membahayakan ( tingkat kandungan racun saat rusak sangat rendah).

11.Konsumsi daging meningkatkan resiko terkena penyakit jatung yang merupakan pembunuh nomor satu di Amerika dan penyakit kanker.

12.Dalam sistem pencegahan kanker secara alamiah didapati unsur-unsur vitamin C, B-17, beta karotin, unsur-unsur ini tidak pernah ditemukan pada makanan hewani.Pada daging kebanyakan, setelah dimasak akan menghasilkan serangkaian senyawa yang bisa memicu penyakit kanker. Kanker jauh lebih mudah dicegah daripada diobati.Kacang Kedelai salah satunya mengandung pembiak protease, sejenis rangkaian anti kanker yang sangat baik. Kita tidak akan mendapatkan zat-zat ini pada makanan hewani.

13.Penyebab Penyakit
Hubungan antara konsumsi daging dan penyakit sudah turun menurun secara luas telah terbukti, antara lain:
- Osteoporosis / Pemampatan pembuluh darah
- Batu ginjal dan batu empedu
- Diabetes
- Sklerosa ganda
- Athritis
- Penyakit gusi
- jerawat, di perhebat oleh makanan hewani
- kegemukan
Seorang vegetaris cendrung lebih langsing daripada pengkonsumsi daging, dan studi telah membuktikan hal ini. Banyak dokter yang beranggapan kegemukan juga merupakan suatu penyakit
- Kesehatan usus
Bahan-bahan dari hewan akan mengalami pembusukan didalam usus karena sifatnya cepat membusuk sedangkan panjang usus manusia sekitar 12 kali dari tinggi badan manusia.
- dan masih banyak penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi daging.termasuk Kanker (kantong Kering Smile )

14.Jangka waktu di dalam tubuh
Makanan nabati biasanya melalui tubuh dengan cepat,sehingga mempunyai waktu sedikit sekali untuk menyebabkan penyakit didalam tubuh. Makanan hewani biasanya berada di dalam tubuh lebih lama.

15.Serat menyerat semua zat yang tidak diinginkan(berbahaya) termasuk kelebihan lemak, membersihkan usus, membantu penyerapan usus. Makanan nabati banyak mengandung serat, sedangkan daging hasil dari unggas dan makanan yang terbuat dari susu tidak mengandung serat.

16.Sisa Metabolisme tubuh.
Makanan dari hewan mengandung zat sisanya sendiri, termasuk adrenalin, urin, asam laktat dan lain-lain. Banyak yang merasa memiliki tubuh yang lebih sehat dan segar sejak menjadi vegetarian dan tidak makan daging lagi.

17.Daya Pemulihan Lebih cepat
Menurut penelitian mengatakan orang yang bervegetarian memiliki daya pulih istirahat lebih cepat ketimbang orang yang memakan daging.


IV. Keuangan
Dengan memiliki kesehatan yang lebih baik dengan bervegetaris berarti mengehemat biaya bagi pemeliharaan kesehatan 
 
V. Etika
1. Kita harus menyayangi hewan, mereka tidak ingin dibunuh atau disakiti seperti juga kita tidak ingin disakiti.

2. Kita tidak akan bisa melawan kekejaman dari usaha peternakan atau pejagalan kalau kita sendiri masih makan daging.

3. Kita menunjukan rasa syukur kepada tuhan Sang Pencipta dengan memakan lapisan terendah dari rantai makanan.

4. Pengorbanan yang kita lakukan tidak sebanding dengan penderitaan hewan-hewan apalagi saat ini sudah terdapat makanan pengganti nabati untuk semua jenis makanan hewani yang ada.

5. Hukum Pembalasan (Karma)
"Apa yang kamu tanamkan itulah yang akan anda petik". Jika kita mengambil bagian dalam pembunuhan binatang, suatu hari nanti pasti kita akan mendapat balasan atas apa yang sudah kita perbuat.

* Ada sebab pasti ada akibat = Semua akibat Bermula dari sebab
Semua pembalasan karma = Bagaikan bayangan yang mengikuti benda
Yang bajik mendapat balasan bajik = Berupa berkah dan rezeki
Pahamilah Hukum karma = Amalkan kebajikan, jauhi kehajatan

* Maha Adil hukum karma = Maha Adil pembalasannya
Hukum alam maha terang = Semua pasti mendapat balasan
Bajik dibalas bajik = Jahat dibalas jahat
Sekarang belum di balas = Cepat atau lambat pasti dibalas

* Kebenaran bagai cermin = Sedikit pun tak dapat dikelabuhi
Manusia yang melakukan kejahatan = Hati Nurani tak akan tentram
Sang kebenaran Maha Adil = Menghukum dan memberkahi dengan adil
Baik dan jahat akan dibalas = Maha Adil pembalasannya

6. Pola makan pemberian Tuhan
- Mahkluk pemakan daging / carnivora memiliki gigi yang runcing tajam dan kuat. sedangkan mahkluk pemakan tumbuhan / herbivora memiliki gigi yang rata dan baik

- mahkluk yang makan daging sususan ususnya pendek karena makanan daging cepat busuk serta mengeluarkan racun. Sedangkan mahkluk yang tidak makan daging , ususnya panjang. Manusia memiliki usus yang panjang, maka dibuktikan bahwa sebenarnya manusia termasuk mahkluk yang bukan pemakan daging.

- Mahkluk pemakan daging lidahnya menjulur panjang keluar. sedangkan manusia lidahnya pendek.

- Mahkluk yang makan daging jika ia kepayahan mengeluarkan kotoran air tubuh(keringat) lewat mulutnya. Sedangkan manusia lewat pori-pori kulitnya

- Mahkluk pemakan daging minum air dengan cara menjilat pendek-pendek dengan lidahnya, Sedangkan manusia dengan cara menghisap.

- Dari penyelidikan air liur ternyata air ludah manusia mengandung enzim pzyatin, enzim yang bermanfaat untuk mencernakan hidrat arang. Enzim ini tidak dimiliki oleh mahkluk pemakan daging

7. "Jagalah Kulitnya". (menjaga tubuh secara keseluruhan)
Apapun yang terjadi pada tubuh akan berhubungan dengan pikiran dan jiwa

8. Kasih Sayang
Tidak akan ada rasa kasih sayang pada pembunuhan hewan. sedangkan hati penuh kasih adalah sumber kebahagian dan kecemerlangan nurani

9. Perdamaian Dunia
Tidak akan ada perdamaian dunia diantara umat manusia jika manusia masih melancarkan peperangan dengan bentuk-bentuk kehidupan. Ini juga menyangkut hukum karma dan sangatlah baik jika kita ikut dalam perdamaian dunia.

10. Kesadaran hati Nurani
Kita tahu bahwa kita melakukan hal yang benar. Didalam hati kita akan merasakan suatu kenyamanan dengan keputusan kita untuk " Hidup sehat Tanpa Daging)

11. Menjadi suri teladan
Hidup dengan cara ini merupakan usaha menanam dasar-dasar spiritual untuk orang-orang sekitar

13. Mengurangi/menghilangkan bagian daging, baik di lemari daging ataupun yang disajikan kepada umum di restoran-restoran tidak akan terlihat lebih estetika (indah) dibandingkan dengan makanan dari sayur-sayuran.hanya karena ini sudah menjadi kebiasaan yang membuat kita tidak menyadari hal ini.Perubahan pola makan akan membuat kita menyadari hal ini dengan sendiri nya 

Indonesia Vegetarian Society Clubs On Friendster

Indonesian Nature's Lovers Association (Indo INLA) On Friendster
 
____________________________________

No comments:

Post a Comment