Monday, February 28, 2011

Empedu dan Pankreas

Empedu dan Pankreas
Empedu adalah cairan yang dihasilkan hati dan fungsinya antara lain melarutkan asam lemak pada makanan agar mudah dicerna dan diserap usus halus. Empedu tersimpan pada kantung kecil yang terletak di bawah hati. Pada saat makanan memasuki usus duabelas jari, kantung empedu berkonstraksi dan melepaskan cairannya ke dalam usus duabelas jari.

Pankreas (kelenjar ludah perut) adalah kelenjar panjang yang terletak di bawah lambung. Pankreas memproduksi beberapa jenis enzim untuk membantu pencernaan lemak, protein, hidrat arang dan asam-asam nukleat di usus halus. Hanya saja, pankreas tidak dapat memproduksi semua enzim pada saat bersamaan, sehingga jika terlalu banyak jenis makanan yang masuk bersamaan akan menyulitkan fungsi pankreas. Pankreas juga memproduksi cairan alkalis untuk menetralisir asam lambung yang tercampur dalam chyme, sehingga pH usus di duabelas jari bisa tetap basa.

Saluran pankreas dan empedu umumnya bermuara jadi satu di sebuah lubang kecil pada dinding usus duabelas jari. Lubang ini dilingkari katup pengaman yang berfungsi mencegah enzim naik kembali ke pankreas karena enzim yang sudah keluar tidak dapat diserap kembali oleh pankreas - kalau berbalik mencerna pankreasnya sendiri dan menyebabkan peradangan akut pada pankreas. Peradangan pankreas juga bisa disebabkan karena infeksi dari empedu yang menulari saluran pankreas sehingga enzim tidak bisa keluar. Peradangan pankreas umumnya memperlihatkan gejala-gejala yang mirip dengan sakit maag, seperti kembung, nyeri atau mual.

Selain enzim, pankreas juga memproduksi hormon insulin dan glukagon yang berfungsi mengatur kadar gula darah. Gangguan pada fungsi pankreas dapat menimbulkan penyakit diabetes karena peningkatan kadar gula darah menjadi tidak terkendali.

(Sumber : Memmler, Cohen & Wood, 1992)

No comments:

Post a Comment