Wednesday, December 22, 2010

KEHEBATAN TAUGE

Sumber : perempuan.com

Tauge sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak serat dan air, tauge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda “Tauge” dalam memerangi kanker, dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar tidak ada lagi zat-zat beracun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh. Dan ini mencegah menumpuknya zat racun, yang dapat merangsang berseminya benih kanker.
     
Tauge
Kandungan paling tinggi di kacang hijau itu biasanya “Kalium” bagus untuk kesehatan jantung. Kalium itu mineral, posatium, mineralnya untuk kesehatan jantung, kalau kekurangan “Kalium” biasanya kita akan lemas dan tak bergairah. Estrogen alami yang terdapat dalam tauge berfungsi sama dengan estrogen sintetis. Estrogen dalam tauge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis). Rajin makan tauge membantu wanita terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang mentruasi (premenstrual syndrome, PMS) keluhan semburat panas (hot flashes), pramenopause dan gangguan akibat menopause.
     
Selain itu, karena tauge mengandung vitamin E yang tinggi, maka juga bermanfaat untuk kecantikan kulit kita. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Kalau kita konsumsi vitamin ini, otomatis kulit akan lebih cerah dan lebih bersinar.
     
Sel-sel yang rusak memerlukan pergantian dan sangat membutuhkan protein. Semua jenis kacang-kacangan, seperti kacang hijau kulitnya bisa dimakan karena seratnya yang tinggi. Kalau kita makan kacang hijau dengan kulitnya, otomatis lemak di usus akan terikat oleh si serat sehingga tidak terserap. Otomatis kalau lemak kita berkurang kulit menjadi lebih halus, dan tidak mudah berjerawat. Tapi semua serat bisa mengurangi lemak membantu metabolisme gula dan kolesterol.
tauge1
     
Selain itu juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, oleh karenanya tauge sangat bagus untuk kecerahan kulit dan menghilangkan flek-flek di wajah akibat jerawat dengan adanya pergantian sel-sel tersebut.
     
Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsi tauge sebaiknya dikombinasi dengan sayuran lain. Jadi sebaiknya diet seimbang, protein, vitamin, mineral, karbohidrat itu baru seimbang. Sebagai tambahan untuk balance-nya bisa tambahkan sepiring tauge. Semuanya tergantung selera anda. Dengan mengkonsumsi secara rutin dan dikombinasikan dengan jenis sayuran lain, maka bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan hasil yang anda inginkan.


               

No comments:

Post a Comment