Monday, October 25, 2010

Cinta Kasih Dengan Vegetarian

Cinta Kasih Dengan Vegetarian   

Apa sebenarnya hubungan antara vegetarian dan cinta kasih? Vegetarian dan cinta kasih adalah suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. Vegetarian adalah langkah awal dari perwujudan cinta kasih. Mengapa demikian? Karena manusia harus makan tiap hari, dan manusia tak akan memperoleh sepotong dagingpun tanpa melukai, atau tanpa melakukan pembunuhan. Di dunia ini ada enam milyard manusia, kalau mereka semua dapat menjadi vegetarian berapa nyawa hewan yang dapat terselamatkan? Oleh sebab itulah maka vegetarian merupakan perwujudan dari cinta kasih. Dan cinta kasih yang dimaksud disini adalah cinta kasih universal yang artinya mengasihi dan mencintai semua makhluk dan alam beserta isinya tanpa menghitung untung dan rugi, dan tanpa pamrih. Sebagai contohnya adalah langit dan bumi.

Bumi menumbuhkan tumbuh-tumbuhan tanpa menghitung untung rugi dan langit mengasuh kehidupan di bumi tanpa pamrih dengan oksigen. Bumi kekal, surga abadi. Mereka dapat hidup kekal abadi karena mereka bukan hidup untuk mereka sendiri. Dan sejalan dengan ini siapa saja yang ingin terbebas dari roda samsara atau terhindar terlahir kembali ke alam yang fana ini, mereka harus mengembangkan atau memupuk cinta kasih yang dalam pada kehidupan mereka sehari-hari. Rasa puas, rasa syukur, memaafkan, toleransi, bijaksana dan semua perbuatan amal adalah perwujudan dari cinta kasih. Konsep dasar dari cinta kasih itu sendiri adalah cinta kasih yang diberikan kepada semua orang bukan hanya terbatas kepada orang-orang tertentu misalnya kita batasi hanya pada keluarga kita saja tapi sebenarnya cinta kasih mempunyai makna yang lebih luas lagi yaitu cinta kasih secara universal termasuk kepada semua hewan. Ada 2 konsep dari cinta kasih yaitu pertama kita berusaha mendatangkan kebahagiaan, kesenangan kepada makhluk lain. Tapi apabila konsep pertama ini sulit kita lakukan maka akan lebih mudah menerapakan konsep kedua yaitu kita jangan mendatangkan penderitaan kepada makhluk lain termasuk kepada hewan-hewan karena secara ilmiahpun terbukti bahwa hewan-hewan itu seperti juga manusia dapat merasakan sakit ketika mereka disiksa.

Seseorang yang tidak sampai hati melukai atau membunuh hewan pasti dia juga tidak akan sampai hati menyakiti atau melukai manusia. Jadi melalui vegetarian ini kita memupuk hati cinta kasih kita. Cobalah dengan langkah awal yaitu menjadi vegetarian mulai jam 12 malam sampai 12 siang, setelah langkah ini berhasil selama 3 bulan lanjutkan dengan cara kedua yaitu lanjutkan dengan menghilangkan 3 jenis daging yang kita sukai dari menu makanan kita, setelah ini sukses selama 3 bulan maka jadilah vegetarian selama 24 jam penuh dan apabila ini sukses, maka Anda akan menjadi seorang vegetarian permanen selamanya.

Mulailah mencoba tips ini karena dengan vegetarian maka kita akan memetik 3 manfaat dalam waktu bersamaan. Yaitu yang pertama sehat dan panjang umur, kedua membantu mengatasi kelaparan dunia dan ketiga menciptakan lingkungan yang sehat dan damai ;-)

No comments:

Post a Comment