Saturday, October 2, 2010

Sejarah pemakaian istilah Vegetarian dan Lahirnya Organisasi Vegetarian Pertama di Dunia-The Vegetarian Society

Sejarah pola nabati sebenarnya setua peradaban manusia, semenjak jaman Australopithecus Boisei, nenek moyang manusia telah melakoni pola nabati. Dalam perjalanan selanjutnya, sejarah mencatat pola hidup bebas dari sumber hewani ini juga dikenal dalam agama Vedic dengan istilah ahimsa yang kemudian juga dianut oleh agama Hindu dan Buddha. Lalu paham Zoroaster dikenal memberi pengaruh pada agama-agama samawi, sedangkan dunia barat, pola hidup bebas sumber hewani ini dipelopori oleh Phytagoras yang kemudian para pelakunya populer dengan sebutan Phytagorean. Pada abad 19 barulah ada gerakan vegetarian yang terorganisir di dunia, seorang penganut Bible Christian Church bernama Mr Joseph Brotherton berinisiatif mengadakan pertemuan di Rumah Sakit Non Hewani bernama RS Northwood Villa. Dalam pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 1847 ini disepakati 3 hal:
1. Pemakaian istilah VEGETARIAN pertama kali digunakan yang berasal dari kata VEGETUS yang berarti kuat, bersemangat, bergairah.
2. Dibentuknya organisasi vegetarian THE VEGETARIAN SOCIETY yang kemudian menjadi organisasi vegetarian tertua di dunia
3. Dipilihnya Mr Joseph Brotherton sebagai Presiden pertama dari organisasi The Vegetarian Society

Mr Joseph Brotherton adalah salah seorang pengikut Bible Christian Church, pendiri mazhab ini Pendeta William Cowherd menganjurkan pengikutnya untuk tidak mengonsumsi daging, pola hidup ini dimasukkan sebagai sebagai salah satu nilai ideal gereja.
Tradisi tidak mengonsumsi daging di Eropa banyak terkait dengan tradisi agama. Dr. Ph. Hecquet di Prancis menggambarkan bahwa pada permulaan abad ke-17, pantang daging selama masa puasa bertujuan untuk memberi pengaruh yang baik pada manusia. Sehingga Di Prancis sendiri, vegetarian banyak didasari oleh penghormatan hidup pada makhluk hidup. Sehingga tidak heran bila Bible Christian Church juga menjadikan pantang daging sebagai salah satu nilai ideal gereja.

Ctt. The Vegetarian Society meski didirikan di London,hingga kini tidak dituliskan The Vegetarian Society of London, hanya The Vegetarian Society
Sumber: http://www.vegsoc.org/members/history/150hist.html


Mr Joseph Brotherton, pendiri organisasi Vegetarian tertua pada tanggal 30 september 1847.

by Majalah Infovegetarian on Thursday, September 30, 2010 at 12:19am
Oleh Chindy Tan
(Pemimpin Redaksi Majalah Info Vegetarian)

No comments:

Post a Comment