Tuesday, October 26, 2010

Kuartet Nabati Vegetarian

Kuartet Nabati Vegetarian   Leave a comment

Kuartet Nabati sudah terbukti dapat mencegah berbagai penyakit degeratif seperti : Penyakit jantung koroner, hipertensi, stroke, diabetes mellitus, kanker dll. Dari segi nutrisi, Kuartet Nabati ini sangat lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada semua kelompok umur. Hanya yang perlu diperhatikan adalah tambahan vitamin B12 yang bisa diperoleh dari suplemen ataupun makanan yang difortifikasi seperti sereal. Dan pada beberapa keadaan khusus seperti anak-anak, wanita hamil, menyusui dan manula dapat dipertimbangan pemberian suplemen. Menurut Dr. Hariyono saat ini berdasarkan data epidemiology tampak nyata bahwa penyakit degeratif semakin meningkat sebagai penyebab kematian manusia dan secara statistik memang terdapat perbedaan bermakna antara konsumsi daging dengan kadar kolesterol, lemak jenuh yang tinggi dibandingkan dengan vegetarian yang sama sekali menghindari konsumsi daging. Terdapat korelasi yang positif antara konsumsi daging dengan timbulnya penyakit degeneratif. Bahkan pada penelitian Dr. Colin Campbell diet vegetarian dapat menurunkan penyakit jantung hingga 90-95 %, berdasarkan penelitian yang melibatkan 6.500 orang di China. Penyebab dari penyakit-penyakit degeneratif tidak terlepas dari atherosklerosis yang disebabkan oleh kolesterol LDL di samping obesitas. Hal senada juga dikemukakan oleh Dr. George Petersen (Kepala Perwakilan WHO di Indonesia) yang menyatakan bahwa penyebab penyakit tidak menular adalah kurang gerak, merokok dan pola makan yang tidak sehat. Dan pola makan vegetarian menurut Dr. Simon Tomarere, menjanjikan banyak keuntungan, diantaranya kaya dengan phytochemical, antioksidan & isoflavon, kandungan lemak dan lemak jenuh rendah, kolesterol rendah dan protein yang lebih rendah sangat ideal untuk menunjang kesehatan yang optimal.

Makanan hewani sebenarnya sudah sejak lama tidak lagi dianjurkan di dunia karena kaya dengan kolesterol, lemak jenuh, toxin, residu obat, karsinogenik dan ketiadaan serat. Dan yang menarik, menurut Dr. Hariyono adalah terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa pemberian daging sebenarnya tidak baik pada penderitaan gagal ginjal terminal dan lebih baik mengkonsumsi protein nabati. Produk kedelai seperti tahu, tempe saat ini perlu digalakkan kembali karena telah terbukti mengandung zat gizi yang sangat lengkap dan juga isoflavon yang dapat mencegah kanker payudara. Demikian menurut Dr. Johana Titus, Ms. Proses budidaya hewan untuk memenuhi permintaan daging yang cukup tinggi telah menciptakan berbagai kondisi yang tidak ideal seperti penggunaan obat, hormon, antibiotik, sempitnya ruang gerak dan lain-lain, yang menimbulkan stress dan pertumbuhan yang abnormal yang berpengaruh buruk pada dagingnya akhirnya juga akan membawa dampak negatif terhadap manusia yang memakannya seperti timbulnya pubertas dini yang dikaitkan dengan terjadinya kanker payudara. Residu pestisida yang dikhawatirkan pada tumbuhan sangat tidak beralasan karena dapat dihilangkan dengan proses pencucian yang benar. Lain halnya dengan daging yang mengandung residu 14 kali lipat dibanding tumbuhan dan tidak dapat dihilangkan karena berkaitan dengan sel lemak dan sifatnya akumulatif.

Khusus mengenai zat besi non haem yang dominan pada sayuran ternyata dapat diatasi dengan menyertakan makanan yang mengandung vitamin C seperti tomat dan jeruk sesudah makan. Selain itu disarankan penggunaan alat masak dari besi dan menghindari konsumsi bersamaan dengan teh, kopi yang mengandung tannin. Penting sekali memperkenalkan pola makan sehat ini pada usia sedini mungkin karena ternyata proses atherosklerosis sudah mulai berkembang sejak usia yang sangat dini yakni 3 tahun. Dan gejala klinis akibat pola makan yang salah baru muncul dalam jangka waktu lama yaitu hingga puluhan tahun. Akhirnya pola makan kuartet nabati menurut dokter ahli gizi yang menjadi peserta program S3 di UI, dr. Johana Titus, MS merupakan diat sehat yang dapat mencegah dan mengembalikan kesehatan penderita degeratif serta merupakan pola makan masa kini dan masa depan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat luas. Kuartet nabati adalah kombinasi makanan yang terdiri dari : Padi-padian 5 porsi, sayur 3 porsi, buah 3 porsi dan kacang-kacangan 2 porsi ;-)

No comments:

Post a Comment